Ngaji Tauhid

📝 Ngaji Tauhid 

Kitab Tauhid karya Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah sebuah karya besar dalam ilmu aqidah yang patut mendapatkan perhatian besar oleh para penimba ilmu. Ada banyak sekali faidah dan pelajaran di dalamnya yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Tidaklah berlebihan jika kita katakan bahwa belajar aqidah di masa kini tidak akan sempurna kecuali dengan memetik faidah-faidah dari kitab ini. Bagaimana tidak? Para ulama besar di masa kini tidak lepas perhatiannya terhadap kitab ini. Lihatlah perjuangan dan upaya sungguh-sungguh dari mereka untuk menggali faidah dan hikmah dari kitab ini.

Dimulai dari penyusunan kitab syarah/penjelasan yang ditulis oleh cucu beliau sendiri yaitu seorang pemuda pejuang tauhid Syaikh Sulaiman bin Abdullah rahimahullah dengan kitabnya Taisir al-’Aziz al-Hamid. Beliau pun wafat karena dibunuh sebelum sempat menyelesaikan kitab ini. Kemudian datanglah cucu Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab yang lain yaitu Syaikh Abdurrahman bin Hasan rahimahullah memilah dan meringkasnya dan menuntaskan pembahasannya dengan kitab beliau Fathul Majid bi Syarhi Kitabit Tauhid; sebuah kitab yang dinyatakan oleh Syaikh Shalih al-Fauzan kitab syarah terbaik untuk Kitab Tauhid bagi para penimba ilmu.

Tidak berhenti di situ, bahkan Syaikh Abdurrahman bin Hasan juga menulis kitab lain yang lebih ringkas untuk menerangkan kandungan Kitab Tauhid ini yaitu dengan kitab beliau yang berjudul Qurratu ‘Uyun al-Muwahhidin. Syaikh Shalih al-Fauzan pun membahas faidah dari kitab syarah ini secara khusus dalam pelajarannya dan kini telah dibukukan menjadi kitab dengan judul at-Ta’liq al-Mukhtashar al-Mubin yang merupakan transkrip dari rekaman pelajaran beliau.

☕ Selengkapnya silahkan buka di tautan berikut ini : https://www.al-mubarok.com/2019/07/08/menuai-hikmah-dari-kitab-tauhid/

💰 Barakallahu fiikum

➖➖➖➖➖➖ Sebarkan info nasehat ini di sosial media antum, semoga menjadi amal jariyah bagi kita semua. Jazakumullohu Khoiron ➖➖➖➖➖➖