Al-Qur'an, Irrelevant?

Al-Qur'an, Irrelevant?

Jika ada seseorang yang berkata,

 "Al Qur'an itu irrelevant, kuno, ketinggalan zaman. Coba saja baca ayat-ayatnya, seperti

dan (Dia telah menciptakan) kuda, bagal dan keledai, agar kamu menungganginya dan (menjadikannya) perhiasan. (An Nahl : 8)

Sekarang sudah modern, manusia menggunakan pesawat, mobil, kereta, kapal. Ayat tersebut sudah tidak relevant lagi. Al Qur'an hanya membahas zaman dulu saja. Ga sesuai lagi dengan zaman sekarang. "

Tunggu dulu, coba baca sambungan ayat sesudahnya.

"Dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya." (An Nahl : 8)

Pesawat, Mobil, dan semua alat transportasi yang kau bilang tadi sudah tercakup di ayat setelahnya. Semua itu ciptaan Allah melalui perantara manusia. Allah menurunkan wahyu sesuai dengan kondisi manusia saat itu, ya ga mungkin Allah menyebutkan mobil, pesawat , kereta, kapal sementara manusia pada saat Itu tidak mengerti apa itu mobil, pesawat dan semacamnya. 

Adapun untuk zaman setelahnya, Allah sudah cakupkan dengan kalimat global yang akan terus terpakai hingga akhir zaman. Seandainya berpuluh-puluh tahun ke depan, manusia menggunakan alat transportasi dengan Mobil terbang, Mobil di atas air dan lain-lain , maka kesemuanya Itu sudah tercakup pada ayat tadi.

 Syeikh As-Sadi dalam Tafsirnya menjelaskan tentang ayat ini, 

Yaitu segala sesuatu yang akan ada setelah diturunkannya Al Qur'an yang digunakan oleh MakhlukNya sebagai alat transportasi baik Itu di darat, laut, udara yang mereka gunakan dan manfaatkan untuk kebutuhan mereka. 

Allah tidak menyebutkan rinci nama-nama tersebut, karena tidaklah Allah menyebutkan sesuatu di Al Qur'an secara rinci kecuali yang diketahui dan dipahami oleh hamba-Nya pada saat ayat tersebut diturunkan. 

Jadi, masih berani bilang Al Qur'an kuno ? Ketinggalan zaman?

"Maka dengan perkataan apakah selain Al Quran ini mereka akan beriman? " ( Al Mursalat : 50)

Ustadz Boris Tanesia

➖➖➖➖➖➖ Sebarkan info nasehat ini di sosial media antum, semoga menjadi amal jariyah bagi kita semua. Jazakumullohu Khoiron ➖➖➖➖➖➖